Desa Merden
Kecamatan Purwanegara
Kabupaten Banjarnegara
Info Pemdes Pembekalan Calon Perangkat Desa Merden th 2012

Pembekalan Calon Perangkat Desa Merden th 2012

Hari Selasa kemarin (23/10) di Balai Desa Merden, Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Merden mengundang segenap calon Perangkat Desa yang sudah mendaftarkan diri mengikuti ujian seleksi untuk hadir dalam acara Pembekalan materi ujian tertulis. Acara pembekalan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan wajib yang harus diikuti para calon setelah sebelumnya mendaftarkan diri kemudian verifikasi persyaratan administrasi oleh panitia. Menurut Ketua BPD bp Khayan Achmad Syu’aib, acara pembekalan materi ini diadakan sebagai bentuk tanggung jawab panitia dalam menjamin transparansi penyelenggaraan ujian seleksi Perangkat Desa. 

“Kegiatan pembekalan ini merupakan sebuah tradisi yang hanya terjadi pada proses seleksi penjaringan Perangkat Desa di Desa Merden, di Desa-desa lain di wilayah Kecamatan Purwanegara praktis tidak ada. Bukan bermaksud melebih-lebihkan, tapi dengan adanya kegiatan ini disamping memberikan bekal terkait kisi-kisi materi ujian, juga memberikan bekal pengetahuan dan mental kepada peserta selama mengikuti rangkaian pelaksanaan ujian seleksi ini hingga usai usai pada tanggal 28 Oktober nanti. Sehingga dengan acara ini semua peserta akan tahu bahwa dalam semua penyelenggaraan seleksi ini panitia sangat menjamin keterbukaan dan transparansi”, demikian sambung Ketua BPD dalam sambutannya. “Naskah soal akan dibuat pada tanggal 27 Oktober nanti, berarti 1 hari sebelum ujian pelaksanaan, petugas yang akan membuat soalpun nanti akan diundi dan proses pembuatan naskah akan di awasi oleh pihak Kepolisian, Koramil dan petugas Kecamatan. Selanjutnya, pada pagi hari naskah soal baru akan diprint untuk selanjutnya dibagikan kepada setiap peserta untuk dikerjakan. Pada proses koreksi, para peserta juga diperbolehkan untuk menyaksikan secara langsung, sehinnga semua proses benar-benar akan berjalan secara terbuka”, sambung Bp Dharsum, Sekretaris BPD Desa Merden.

Ada 5 (lima) pokok bahasan materi ujian dan 1 (satu) materi wawasan ke-Merdenan yang di sajikan dalam acara ini. 5 (lima) pokok bahasan materi yang dimaksud adalah :

  1. UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan aturan pelaksanaanya disampaikan oleh Sekretais Camat Purwanegara
  2. Pengetahuan Keagamaan disampaikan oleh Ketua BPD
  3. Pengetahuan Kamtibmas dan Bahasa Inggris disampaikan oleh Bp Basyiron, A.Md
  4. Pengetahuan Bahasa Indonesia dan Matematika disampaikan oleh Bp Dharsum, S.Pd
  5. Pengetahuan Pancasila dan UUD 1945 dan amandemennya disampaikan oleh Bp Lusito, S.Pd.

dan Materi wawasan ke-Merdenan serta Motivasi calon Perangkat Desa yang langsung disampaikan oleh Bp Kepala Desa Merden Achmad Badrussalam.

Kegiatan pembekalan ini berlangsung 1 (satu) hari penuh dan diikuti oleh semua calon perangkat desa. Pada kesempatan tersebut salah satu peserta pembekalan mengatakan, “Minimal dengan mengikuti kegiatan ini kami benar-benar memiliki bekal materi yang selanjutnya bisa kami cari, meskipun sebenarnya kami tidak yakin bisa menguasai semua meteri tersebut, karena sebagian besar calon sudah berusia diatas kepala 3, artinya kemamampuan otak kami sudah tidak mampu, sudah terlalu banyak pikiran dan hutang mungkin hehehe “, kata mas Jasrun sambil terkekeh-kekeh. Jasrun adalah salah satu calon perangkat desa untuk formasi Kepala Urusan (KAUR) Umum.

 

  • Nay

    Wekekek .. mantap. Tapi ya itu mas Jasrun masa punya hutang … heheh :)

FRIDAY, 25 APRIL 2014
Halaman dibuka dalam 0.234 detik